LAKIP 2020

LAKIP 2020 KKP KELAS II PROBOLINGGO

KKP Kelas II Probolinggo telah berupaya menyelenggarakan tugas pokok dan fungsi dengan berprinsip pada tatakelola pemerintahan yang baik dan berorientasi pada hasil sesuai dengan kewenangannya. Dalam mewujudkan Good Governance, akuntabilitas merupakan salah satu aspek penting yang harus diimplementasikan dalam manajemen pemerintahan. Akuntabilitas kinerja sekurang-kurangnya harus memuat visi, misi, tujuan dan sasaran yang memiliki arah dan tolok ukur yang jelas atas perumusan perencanaan strategis organisasi sehingga menggambarkan hasil yang ingin dicapai dalam bentuk sasaran yang dapat diukur, diuji dan diandalkan.

LAKIP tidak hanya sekedar alat akuntabilitas, tetapi juga sebagai sarana yang strategis untuk mengevaluasi diri dalam rangka peningkatan kinerja kedepan. Dengan langkah ini KKP Kelas II Probolinggo dapat senantiasa melakukan perbaikan dalam mewujudkan praktek penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Tahun 2020 merupakan tahun pertama dalam upaya pencapaian tujuan dan sasaran Rencana Aksi Kegiatan KKP Kelas II Probolinggo Tahun 2020–2024, secara umum pencapaian sasaran melalui indikator-indikator kinerja menunjukkan keberhasilan untuk mewujudkan visi misi serta target kinerja yang telah ditetapkan didalam dokumen Perjanjian Kinerja KKP Kelas II Probolinggo Tahun 2020. Perjanjian Kinerja Tahun 2020 memuat 1 (satu) sasaran dengan 7 (tujuh) indikator kinerja. Dari analisis pengukuran kinerja diperoleh hasil seluruh indikator melampaui target. Pencapaian kinerja dari keseluruhan sasaran dan indikator kinerja KKP Kelas II Probolinggo tahun 2020 mencapai 117,04% dari target yang ditetapkan. Sedangkan realisasi keuangan KKP Kelas II Probolinggo Tahun Anggaran 2020 sebesar Rp. 13.378.578.000,- (Tiga belas milyar tiga ratus tujuh puluh delapan juta lima ratus tujuh puluh delapan ribu rupiah) dengan realisasi anggaran sebesar Rp. 12.702.123.947,- (Dua belas milyar tujuh ratus dua juta seratus dua puluh tiga ribu sembilan ratus empat puluh tujuh rupiah) atau mencapai 94,94%.